5 TEMPAT BELANJA BATIK DI SOLO

by 8:27 AM 0 comments
Setalah ditetapka oleh  oleh UNESCO telah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak 2 Oktober 2009. Pesona batik bukan hanya dikenal oleh kalangan masyarakat sebagai pakaian pada momen tertentu, namun suda menjadi pakaian kantor atau pakaian harian.
Di Solo alias Surakarta anda yang ingin belanja batik, anda bisa mengunjungi beberpa tempat berikut ini. Mulai dari yang kelas bawah hingga kelas atas:

1. Pasar Klewer

Pasar Klewer merupakan pasar tekstil terbesar di solo, bagi masyarakat Solo maupun luar solo sangat dikenal sebagai tempat grosir batik dan juga sebagai tempat wisata bagi wisatawan yang hendak membeli batik. Di pasar klewer anda akan menemukan batik-batik yang bukan berasal dari solo saja, batik-batik khas nusantara bisa ditemukan disini, seperti Yogyakarta, Pekalongan, Banyuwangi, betawi, Kalimantan, dll. Rata-rata pakaian yang dijual adalah untuk kalangan menengah kebawah. Jenis batik di Pasar Klewer ialah batik print.
Pasar klewer terletak di barat kraton kasuanan Surakarta, namun ketika terjadi kebakaran pada tahun 2014 pasar klewer mengalami renovasi dan sementara dipindahkan di Alun-alun utara Kraton. 

2. Kampung Wisata Batik Kauman


Kampung batik kauman terletak di selatan masjid Agung Surakarta tidak jauh dari pasar klewer. Jenis batik yang ada disini yaitu batik klasik motif pakem (batik tulis), batik murni cap dan model kombinasi antara tulis dan cap. 
Kampung yang memiliki 20-30an home industri ini menjadi langganan dari para pembeli yang sudah terjalin secara turun temurun dan wisatawan mancanegara (Jepang, Eropa, Asia Tenggara dan Amerika Serikat). 
Keunikan yang ditawarkan kepada para wisatawan adalah kemudahan transaksi sambil melihat-lihat rumah produksi tempat berlangsungnya kegiatan membatik. Artinya, pengunjung memiliki kesempatan luas untuk mengetahui secara langsung proses pembuatan batik. Bahkan untuk mencoba sendiri mempraktekkan kegiatan membatik.

3. Kampung Batik Laweyan
Laweyan adalah tempat lahirnya Serikat Dagang Islam yang didirikan oleh KH Syamanhudi. Kampung batik Laweyan adalah kampung batik sekaligus cagar budaya. Batik-batik yang ditemui disini ialah mayoritas jenis batik tulis. Disini anda akan melihat langsung proses membantik. Disini terdapat +50 Gerai Batik Laweyan, wisatawan yang berkunjung paling banyak berasal dari luar daerah maupun wisatawan luar negeri. Untuk harga batik-batik disni adalah untuk kelas menengah keatas.
Batik laweyan ada sejak pemerintahan belanda sampai sekarang masih eksis walaupun turun naiknya pasar batik laweyan dipengaruhui oleh kondisi politik. 


4. Pusat Grosir Solo (PGS)
Pusat Grosir Solo Terletak di utara kraton solo, lebih tepatnya dekat bundaran gladak. Pusat Grosir Solo merupakan trade center yang meberikan kenyamanan dalam berbelanja yang memiliki 5 lantai. Disini juga anda akan temukan batik-batik khas nusantara. Fasilitas yang disediakan berbeda jauh dengan fasilitas pasar lainya mulai dari eskalator, lantai yang bersih, pedagang yang tertata, parkir yang nyaman, dll.

5. Beteng Trade Center
Letak beteng Trade Canter bersebelahan dengan PGS, BTC juga sama dengan PGS memberikan kenyamanan dalam berbelanja. Namun BTC lebih sering dikunjungi oleh untuk mencari kain. Walaupun batik yang dijual disini banyak sudah jadi. Kelas batik jadi disini adalah harga untuk kalangan menengah. Bagi yang ini mencari kain batik untuk dijual lagi lebih cocok untuk dikunjungi disni.


Kajian Solo

Developer

Cras justo odio, dapibus ac facilisis in, egestas eget quam. Curabitur blandit tempus porttitor. Vivamus sagittis lacus vel augue laoreet rutrum faucibus dolor auctor.

0 comments:

Post a Comment